Jumat, 15 November 2013

haa iki : Minum Susu Khusus Diabetesi Bisa Turunkan Gula Darah? Ini Jawaban Dokter

Jakarta, Saat ini sudah banyak produk tambahan yang dijual untuk membantu mengatasi diabetes, salah satunya adalah produk susu khusus diabetesi. Banyak orang beranggapan susu ini bisa mengatasi diabetes dengan menstabilkan gula darah. Bagaimana menurut dokter?

"Itu yang harus disosialisasikan. Pihak pembuatnya sering menyampaikan informasi yang salah. Dikatakan bahwa susu khusus diabetesi itu adalah obat, padahal sebenarnya bukan. Dalam setiap gelasnya dia juga mengandung kalori, yaitu sekitar 175-200 kalori," ujar dr Em Yunir, SpPD-KEMD, Kepala Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam RSCM.

Hal ini disampaikannya kepada detikHealth di sela-sela konferensi pers yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, dan ditulis pada Jumat (15/11/2013).

Dilanjutkan oleh dr Yunir, susu khusus diabetesi tersebut sebenarnya juga merupakan makanan pengganti, bukan obat. Maka jika Anda sudah minum susu tersebut, asupan kalori di tubuh juga akan bertambah.

"Pagi minum satu gelas, malam minum satu gelas. Padahal pagi dia makan biasa, malam juga makan biasa. Umpamanya kita kasih dia 1.500 kalori, pagi 500, siang 500, malam 500. Tambah lagi dia minum susu dua gelas, jadi tambah banyak kan asupan kalorinya? Jadi, boleh minum susu itu tapi sebagai makanan pengganti. Kalau dia sudah masuk 200 kalori dari tambahan minum susu, maka asupan makanan padatnya harus dikurangi," terang dr Yunir.

Keluhan yang sering dr Yunir hadapi adalah pasien yang mengatakan gula darahnya tak kunjung turun padahal sudah minum susu khusus diabetesi. Ketika ditanyakan seperti apa porsi makanan padatnya, mereka menjawabnya dengan 'sama seperti yang dokter sarankan'.

"Ini yang sering salah, beranggapan kalau susu itu bisa menurunkan gula darahnya. Padahal kan justru kalori dia bertambah. Oleh sebab itu kita harus mengajarkan pasien untuk selalu menghitung kalori yang masuk dan keluar. Satu piring makanan yang dia makan itu kalorinya berapa. Kalau lauknya mau ditambah nanti kalorinya nambah berapa," tutur dr Yunir, yang kini juga aktif sebagai Sekretaris Jenderal Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI).

(ajg/vit)

http://health.detik.com/read/2013/11/15/075042/2413729/763/minum-susu-khusus-diabetesi-bisa-turunkan-gula-darah-ini-jawaban-dokter?l992205755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar