Senin, 08 April 2013

haa iki : Pola Makan yang Seperti Ini Rawan Kena Kanker Usus Besar

Sumber : http://www.tribunnews.com/2013/04/08/pola-makan-yang-seperti-ini-rawan-kena-kanker-usus-besar

TRIBUNNEWS.COM
Penyebab Kanker kolorektal (usus besar sampai ke anus) belum diketahui dengan pasti. Cukup banyak faktor risiko untuk Kanker ini, salah satunya usia 50 tahun ke atas.
Namun, pergeseran pola hidup dan pola makan, menyebabkan kalangan muda pun makin banyak yang terkena Kanker kolorektal.
Dari pengalaman praktik, DR. Dr. Aru W. Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, cukup banyak menangani pasien dengan Kanker kolorektal dari kalangan usia 20-30 tahun.
"Mereka ini masih dalam kelompok usia produktif, sehingga perlu pengobatan yang progresif, supaya kualitas hidup mereka bisa dipertahankan," ungkap dokter sub-spesialis Hematologi-Onkologi Medik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM ini.
Pola makan generasi masa kini yang lebih banyak mengonsumsi junk food yang umumnya tinggi lemak, tinggi protein, dan rendah serat, berpotensi membuat mereka mengalami kegemukan (obesitas). "Anak-anak pun sekarang lebih suka makan junk food. Ini berbahaya, karena risiko terjadinya Kanker kolorektal akan lebih besar," tutur Dr. Aru.
Terlalu sering makan daging, apalagi daging yang dimasak lama, tambahnya, bisa berdampak ke kolorektal. Dijelaskan bahwa daging yang dimasak terlalu lama akan merusak sel-sel pada daging sehingga memunculkan sifat karsinogenik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar