Rabu, 19 Februari 2014

haa iki : Baidu PC Faster Mengandung Program Jahat?

 Trisno Heriyanto - detikinet Rabu, 19/02/2014 08:24 WIB
Jakarta - Baidu PC Faster, software untuk mendongkrak performa komputer asal China itu disinyalir memiliki aplikasi lain yang dikenal dikenal dengan istilah Foistware.

Entah bersifat jahat atau tidak, namun menurut Vaksincom foistware merupakan program lain yang secara otomatis akan terinstal bersama dengan aplikasi induknya, dalam hal ini adalah Baidu PC Faster.

Froistware umumnya dibuat untuk mendapatkan keuntungan finansial dari komputer yang terinstal, dan umumnya dilakukan dengan cara mengganti default search engine yang digunakan (Google, Bing atau lainnya) dengan search engine lain yang berafiliasi dengan pembuat foistware.

Selain menampilkan hasil pencarian yang berbeda, iklan yang ditampilkan pada mesin pencari itu juga akan dilarikan ke kantong pembuat foistware.

Beberapa foistware populer adalah babylon search, delta search, awesomehp.com dan terakhir adalah Baidu PC Faster yang terdeteksi oleh G Data sebagai Trojan Generic.9038304

Nah, lalu bagaimana cara froistware tersebut masuk ke dalam komputer?

Saat melakukan proses instalasi Baidu PC Faster pengguna akan menemuai sebuah box persetujuan End User License Agreement (EULA). Di situ dituliskan bahwa pengguna harus menginstal Bluestack jika memang ingin melanjutkan proses instalasi.

"Di sinilah PC Faster menjalankan triknya, persetujuan instalasi Baidu PC Faster disatukan dengan persetujuan EULA," tulis keterangan Vaksincom yang diterima detikINET, Rabu (19/2/2014).

Dibilang trik, karena menurut Vaksincom akan banyak sekali para pengguna yang terkecoh. Sehingga Baidu PC Faster bisa menginstal froistware tanpa melanggar hukum.

(eno/rou)
http://inet.detik.com/read/2014/02/19/082445/2501638/323/baidu-pc-faster-mengandung-program-jahat?i992202105 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar