Senin, 31 Desember 2012

haa iki : Makanan Super yang Patut Dicoba di 2013

http://gayahidup.plasa.msn.com/makanan-super-yang-patut-dicoba-di-2013#image=1


1. Kacang Adzuki
Mulai dari biji-bijian yang kaya omega-3 hingga rempah-rempah yang mampu melawan kanker, kami memilih makanan yang tidak terlalu familiar yang harus harus Anda coba.
Kacang adzuki adalah kacang merah yang memiliki kadar antioksidan yang paling tinggi dan juga sumber karbohidrat, protein dan juga serat baik yang dapat menjaga kolesterol dalam darah. Kacang adzuki juga memiliki tingkat potasium yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan darah tinggi dan juga mengandung zinc yang berguna untuk menjaga kadar gula darah dan kesehatan sendi.


2. Goldenberries
Juga dikenal sebagai cape gooseberries atau berri Inca yang kaya akan manfaat kesehatan. Tidak hanya mengandung antioksidan dengan dosis yang bagus, buah ini juga mengandung mengandung bioflavonoid  antiradang dan merupakan sumber vitamin A dan C yang bagus. Buah ini dipercaya mampu mempertahankan berat badan yang sehat, mencegah penyakit, dan meningkatkan fungsi organ.


3. Bawang Hitam
Bawang hitam mengandung antioksidan dua kali lebih banyak dari bawang putih biasa dan memiliki level senyawa S-Allylcysteine yang tinggi untuk melawan kanker. Bahkan bawang hitam ini memiliki rasa yang lebih manis yang berarti tidak akan meninggalkan rasa aneh di mulut Anda.


4. Kelabat (Fenugreek)
Tanaman herbal yang sering digunakan dalam masakan Asia ini terkenal mampu menyembuhkan pilek dan mengatasi gejala sakit tenggorokan. Tanaman ini juga dianggap bisa membantu meningkatkan daya tahan terhadap gejala diabetes serta mengatasi gejala menopause dan meredakan kram menstruasi.


5. Biji Chia
Minyak ikan seperti salmon, tuna, dan sarden sumber adalah sumber yang paling sering dikatakan mengandung asam lemak penting omega-3, yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah penyakit seperti kanker, menjaga level energi, dan meningkatkan fungsi kognitif. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi minyak ikan 2-3 kali sepekan, tapi ternyata minyak ikan bukan satu-satunya sumber lemak penting Anda.
Biji chia, yang dapat Anda konsumsi dengan salad, sup, sayuran ataupun muesli. Biji chia sendiri tidak memiliki rasa, namun mampu memberikan dosisi omega-3s, serat dan protein yang dibutuhkan tubuh Anda dan membantu Anda merasa kenyak lebih lama.


6. Mangga Afrika  
Beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstraksi dari mangga Afrika meningkatkan pembakaran lemak melalui akselerasi metabolisme secara alami, dan membantu tubuh membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh. Buah yang berasal dari pesisir Afrika Barat ini memiliki kandungan serat larut yang membantu menekan nafsu makan Anda.


7. CupuaƧu
Dianggap sebagai buah super yang baru, cupuacu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam daging buah dan bijinya serta kandungan lemak penting yang membantu mengurangi kolesterol dan meningkatkan energi. Buah ini juga digunakan sebagai bahan dalam krim wajah dan tubuh karena mengandung sifat yang berfungsi untuk memelihara, memperbaiki, dan meregenerasi sel kulit, serta melembapkan dan melembutkan permukaan kulit.


8. Teh Ranting Kukicha
 Terbuat dari ranting dan batang tanaman Kukicha dan merupakan teh hijau yang tinggi akan antioksidan yang mampu membunuh penyakit. Ranting ini memiliki efek basa dan keasaman yang rendah yang membantu mengurangi perut kembung dan mual.


9. Artichoke Yerussalem
Sayuran yang lebih mirip seperti jahe daripada artichoke ini kaya akan potasium dan magnesium yang keduanya penting untuk kesehatan jantung. Sayuran ini juga kaya serat yang bisa meningkatkan energi dan meningkatkan metabolisme Anda.


10. Spirulina
Alga biru hijau ini tersedia sebagai suplemen dalam bentuk bubuk, tablet, atau kapsul dan terkenal menjadi salah satu sumber protein terbaik di dunia karena alga ini mengandung 65 persen protein termasuk delapan asam amino esensial. Alga ini juga mengandung lebih dari 100 nutrisi penting berbeda yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda meningkatkan energi Anda yang tidak bisa dilakukan teh atau kopi. Manfaat kesehatan lainnya termasuk membantu Anda mengatasi tekanan darah tinggi dan kolesterol, melindungi Anda dari kanker dan berguna sebagai penekan nafsu makan untuk menurunkan berat badan Anda. (da/ik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar