Selasa, 19 April 2011

haa iki Misi Studi Banding DPR: Wisata, Belanja, Hingga Umroh

Selasa, 19/04/2011 08:13 WIB
Misi Studi Banding DPR: Wisata, Belanja, Hingga Umroh 
Rachmadin Ismail - detikNews


Misi Studi Banding DPR: Wisata, Belanja, Hingga Umroh

Jakarta - Apa saja kegiatan anggota DPR saat studi banding ke luar negeri? Dubes Republik Indonesia di Swiss Djoko Susilo mengungkapkan, belanja, wisata, hingga umroh menjadi tujuan utama.

Menurut Djoko, ada sejumlah negara yang menjadi tujuan favorit anggota Dewan untuk studi banding. Pertama adalah kawasan Amerika Utara yang meliputi Amerika Serikat (AS), Kanada dan wilayah lainnya.

Lalu, tujuan favorit kedua adalah kawasan Eropa Barat yang mencakup Swiss, Belanda, Inggris, Prancis, dan jerman. Terakhir adalah wilayah Asia Pasifik seperti Australia, Jepang, Korea dan China. Sebagian ada juga yang ke Timur Tengah, seperti Arab Saudi dan Mesir.

"Ada ciri khasnya, biasanya negara yang dipilih adalah negara mapan atau maju, dimana kemudian kepergian ini bisa jadi ada kegiatan sampingan seperti belanja atau berwisata," kata Djoko kepada detikcom, Selasa (19/4/2011).

"Dalam jumlah yang sedikit ada yang ke Timur Tengah, Arab Saudi dan Mesir. Tapi itu ujung-ujungnya umroh atau wisata," sambungnya.

Djoko yang pernah duduk sebagai anggota DPR ini menilai, anggaran untuk studi banding meningkat sejak tahun 2009. Karena itu, kunjungan pun semakin ramai, meski tanpa arah yang jelas.

Politisi PAN ini mengaku heran karena tidak pernah ada kabar studi banding atau kunjungan ke negara-negara miskin di Afrika. Padahal, untuk mencari sebuah perbandingan, tidak melulu harus dari negara maju.

"Catatan saya hampir-hampir tidak pernah ke negara-negara Afrika, untuk membandingkan kenapa mereka miskin dan tetap miskin. Kolega saya duta besar di Etiopia atau Amerika Latin termasuk jarang menerima, termasuk Zimbabwe, Sudan, dan negara lain seperti Chile, Per dan sebagainya jarang," paparnya.

Sebelumnya, berbekal draf RUU Fakir Miskin yang masih setengah jadi, rombongan komisi VIII DPR bertolak ke Australia dan China. Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR Gondo Radityo Gambiro bertolak ke Australia dan China pada hari Minggu (17/4). Rombongan akan melakukan tour ke dua negara tersebut hingga 24 April 2011.

Tidak ketinggalan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR pun ikut melawat ke Amerika Serikat dan Inggris. Kunjungan ke Amerika dan Inggris yang dilakukan BURT DPR dijadwalkan di awal bulan Mei 2011.

Komisi I DPR juga melakukan kunjungan ke Amerika Serikat 1-7 Mei 2011 dengan menghabiskan anggaran Rp 1.405.548.500.

(mad/feb)
Sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/04/19/081329/1620313/10/misi-studi-banding-dpr-wisata-belanja-hingga-umroh?9911012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar