Senin, 02 Mei 2011

haa iki PROSES mengingat ternyata jauh lebih efektif bila dilakukan secara individual daripada melalui metode kelompok belajar

Senin, 02 Mei 2011 00:00 WIB
Efektivitas Mengingat 


Efektivitas Mengingat
                     Dok MI
PROSES mengingat ternyata jauh lebih efektif bila dilakukan secara individual daripada melalui metode kelompok belajar.

Seorang psikolog dari Stony Brook University, New York, AS, Supama Rajaram menemukan bahwa siswa yang berada dalam sebuah kelompok belajar akan lebih lemah dalam mengingat suatu fakta jika dibandingkan dengan saat masalah itu dipelajari secara individual.

Menurut Rajaram, dalam sebuah kelompok belajar, setiap anggota kelompok itu akan mampu mengingat lebih banyak jika dibandingkan dengan seorang siswa yang belajar sendiri. Namun, siswa yang tergabung dalam kelompok belajar dianggap gagal memaksimalkan potensi ingatan mereka.

"Jika sebuah kelompok kecil dapat mengubah bentuk ingatan, kita melihat bagaimana seseorang dapat bertahan dalam suatu pandangan tertentu atau perspektif," kata Rajaram. "Ini dapat berfungsi sebagai model bagaimana identitas kolektif dan sejarah terbentuk."

Seseorang dalam suatu kelompok dimungkinkan dapat mengganggu ingatan anggota kelompok lainnya.

Hal itu disebabkan karena setiap individu memiliki caranya sendiri dalam memilih informasi yang ada dalam pikiran mereka sehingga hal tersebut dapat mengganggu proses pembentukan ingatan individu lainnya. (*/LiveScience/X-9)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar