Selasa, 27 September 2011

haa iki Sultan Minta Gamawan Ralat Pernyataan

Tribun Jogja - Selasa, 27 September 2011 02:03 WIB
Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2011/09/27/sultan-minta-gamawan-ralat-pernyataan
Sultan Minta Gamawan Ralat Pernyataan

Laporan Repoter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL
- Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengaku tak pernah sekalipun mengajukan surat kepada Kemendagri terkait perpanjangan masa jabatannya, seperti yang dinyatakan Mendagri Gamawan Fauzi kepada Kompas.com, Senin (26/9/2011) siang.

"Mosok aku njaluk jabatan, nak wong Jowo khan ora ilok (masa saya minta jabatan, bagi orang Jawa itu tidak etis, Red)," kata Sultan kepada wartawan, usai menghadiri syawalan di Bangsal Sewoko Projo, Gunungkidul, Senin (26/9) siang.

Kepada Sinar Harapan, Sultan menuduh bahwa Gamawan telah berbohong mengenai pernyataannya tersebut. "Mendagri bohong," tegas Sultan lewat telepon, Senin (26/9/2011) tengah malam.

Menurut Sultan, Pemerintah DIY memang pernah mengirim surat yang isinya memberitahu bahwa jabatan Gubernur DIY akan segera berakhir.

Namun, ia sekali lagi menegaskan tak pernah mengirim surat untuk meminta perpanjangan.

Sultan pun meminta agar Mendagri meluruskan apa yang sebenarnya terjadi. Sebab, pernyataan tersebut dinilai merendahkan harga diri Sultan.

Terlebih, pada Selasa (27/9/2011) sore, Sultan dipanggil SBY.

Yang menjadi kekhawatiran Sultan, nanti para wartawan yang melihatnya bertemu presiden akan mengira meminta perpanjangan masa jabatan sebagai gubernur.

"Saya berharap, Mendagri meluruskan soal ini. Kalau tak ada klarifikasi, saya akan mempertimbangkan apakah saya jadi ketemu presiden pada Selasa (27/9/2011) sore ini atau tidak," tegas Sultan.

Editor : Igt Sigit Widya Purna N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar