Minggu, 12 Desember 2010

haa iki BAKSO

BAKSO JAMUR PAK JAELANI
Nikmatnya Sepenggal Jamur dalam Bakso
Sabtu, 11 Desember 2010 | 03:37 WIB


Bosan dengan kuliner bakso yang ”itu-itu” saja? Tak ada salahnya mencoba variasi kuliner kegemaran banyak orang ini. Bakso Jamur Pak Jaelani bisa menjadi salah satu pilihan di antara beragam pilihan lain kuliner di Yogyakarta.
Warung Pak Jaelani berlokasi di Jalan Melati Wetan, Kota Yogyakarta, persis di depan SD Kanisius Baciro. Jaraknya tak lebih dari 100 meter sebelah barat markas Pangkalan TNI AL Yogyakarta.
Bakso jamur merupakan menu andalan baru warung Pak Jaelani yang berdiri sejak 2008 tersebut. Selain bakso yang empuk dan gurih, kuah kaldu yang hangat juga menambah kenikmatan kuliner yang dijual Rp 6.000 per porsi ini.
Secara umum, komposisi seporsi bakso jamur di warung ini tidak jauh berbeda dengan bakso-bakso lainnya. Terdiri atas satu bakso jumbo, dua bakso kecil, mi kuning dan putih, potongan sawi, serta pangsit goreng.
Namun, yang membedakannya dengan bakso lain adalah suwiran jamur tiram yang bertekstur agak kenyal namun lembut. Selain itu, dari keterangan Neni, pegawai warung tersebut yang ditemui Jumat (10/12), jamur tiram itu juga digunakan dalam adonan bakso.
Sebagai tambahan, di dalam bakso jumbo juga diselipi ”bonus” telur puyuh. ”Alasan memilih menu bakso jamur ini karena masih jarang ditemui di warung bakso lainnya,” ujar Eno, pegawai lainnya.
Neni menambahkan, menu bakso jamur merupakan menu yang baru dikenalkan kurang dari sebulan. ”Tapi, sudah banyak penggemarnya. Dalam sehari kira-kira bisa laku 50 porsi,” timpal Eno.

Suasana asri
Selain bakso jamur, warung Pak Jaelani ini juga menyuguhkan menu berupa bakso rusuk dan soto. Bakso rusuk dibanderol Rp 10.000 per porsi, sedangkan soto dalam mangkuk kecil dijual Rp 2.000 per porsi.
Ada pula menu mi ayam dan mi ayam bakso sebagai pelengkap selera yang dijajakan masing-masing Rp 4.500 dan Rp 6.500 per porsi. Relatif lengkap untuk sebuah warung sederhana yang buka dari pukul 09.00 hingga 21.00 itu.
Untuk minuman, selain menu lazim es teh dan es jeruk, Jaelani juga menyediakan beraneka macam jus untuk melengkapi santapan. Di antaranya jus alpukat, apel, jambu biji, tomat, dan pir.
Suasana warung yang terletak di pinggir jalan raya itu sangat asri dengan struktur bangunan didominasi bambu dan anyam-anyaman beratap tinggi. Warung sederhana ini juga cukup lega dengan enam set meja panjang tempat pelanggan menikmati santapan mereka.
Jadi, kalau bosan dengan bakso yang ”itu-itu” saja, mangga mampir ke warung Pak Jaelani. Apalagi, dengan cuaca musim hujan seperti sekarang, tentu akan sangat nikmat jika ditemani semangkuk bakso hangat. (ENG)

Sumber : http://cetak.kompas.com/read/2010/12/11/03370985/nikmatnya.sepenggal.jamur.dalam.bakso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar