Sabtu, 27 Februari 2010

haa kok bingung

sumber : http://inilah.com/news/read/politik/2010/02/25/368111/hatta-pentingkan-kekuasaan/
Politik
25/02/2010 - 16:46
PAN Tak Dengarkan Amien Rais Lagi
'Hatta Pentingkan Kekuasaan'
Raden Trimutia Hatta
Hatta Rajasa
(inilah.com/Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta - Mantan anggota Fraksi PAN yang juga orang dekat Amien Rais, Sayuti Asyatiri mengungkapkan kekecewaanya terhadap PAN di bawah kepemimpinan Hatta Rajasa. Hatta dinilai lebih mengedepankan kekuasaan ketimbang kepentingan rakyat.
Hal itu diungkapkannya terkait dengan kekecewaan Amien rais terhadap Fraksi PAN yang tidak menyebutkan nama yang bertanggung jawab dalam pandangan akhir di Pansus Century. Ia menilai, sosok Amien Rais kini sudah tak lagi didengar oleh PAN.
"Memang posisi PAN jelas terjepit antara kepentingan mempertahankan diri dalam kekuasaan dengan pilihan untuk tetap bersikap kritis sesuai dengan amanat rakyat kepada PAN dan para pemilihnya," katanya kepada INILAH.COM, Jakarta, Kamis (25/2).
Sebenarnya, sambung mantan Wakil Ketua Komisi II DPR ini, posisi PAN yang terjepit ini tak perlu terjadi kalau saja Hatta Rajasa berani mengedepankan kepentingan rakyat dibandingkan kepentingan kekuasaan.
"Iya, sekarang ini (Hatta) lebih terlihat sebagai pembantunya presiden daripada Ketua Umum PAN," ungkapnya.
Sayuti menilai, nasib PAN saat ini kurang beruntung karena kekuasaan yang dibelanya itu ternyata mengkhinati amanat rakyat. "Ini yang terjadi dengan profil pemerintah kita," ujarnya.
Penguasa, lanjutnya, telah memaksa PAN untuk mengambil satu posisi yang berhadapan dengan rakyat atas nama solidaritas dan semangat koalisi. Padahal, makna koalisi yang sebenarnya adalah mengabdi kepada rakyat bukan mengkhianati rakyat.
"Sebenarnya, PAN harus kembali pada ajaran dasar agama bahwa perjanjian hanya ditaati apabila masih tetap dalam kebenaran, begitu tidak lagi dalam koridor kebenaran maka perjanjian bisa dibatalkan. Sama seperti koalisi ini," imbuhnya.
Sebelumnya, Amien Rais dalam jumpa pers di kediamannya sempat mengungkap kan kekecewaan terhadap Fraksi PAN. Kabarnya, sikap Amien itu berhasil diredam Hatta dalam pertemuan di kediaman Bendahara PAN Edy Yosfi di bilangan Pondok Indah, Rabu (25/2) malam. [mut]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar