Sabtu, 06 November 2010

haa iki Penampakan Merapi Yang Meletus

Semburan Terlihat Jelas di Tlogowatu
Sabtu, 6 November 2010 | 10:19 WIB
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas terlihat dari Dusun Gondang, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (2/11/2010). Pagi ini, Gunung Merapi setidaknya menyemburkan sepuluh kali awan panas (wedhus gembel). Guguran pertama kali terjadi sekitar pukul 05.25 WIB.

KLATEN, KOMPAS.com - Gunung Merapi, Sabtu (6/11/2010) kembali meletus dan menyemburkan awan panas tinggi pada pukul 07.45. Letusan Merapi yang disertai suara gemuruh itu, dilaporkan, sangat jelas terlihat dari perkampungan warga di Desa Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Menurut salah satu warga Dusun Remeng Kidul, Tlogowatu yang belum bersedia mengungsi, Sulagiman, letusan Merapi kali ini kira-kira hampir sama dengan letusan yang terjadi Kamis malam. "Di dusun ini terdapat lebih 10 warga yang masih bertahan, tapi kadang-kadang turun ke Kemalang untuk membeli makanan," ujar Sulagiman.
Desa Tlogowatu, berada di bawah desa wisata Deles, Kemalang yang hanya berjarak 6-9 kilometer dari Gunung Merapi. Desa-desa disini diyakini warganya, aman dari terjangan lahar panas karena terlindung dengan adanya Gunung Bibi dan Gunung Kendil yang merupakan anak gunung barisan Merapi.

Sumber : http://lipsus.kompas.com/merapimeletus/read/2010/11/06/10191215/Semburan.Terlihat.Jelas.di.Tlogowatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar