Rabu, 02 Februari 2011

haa iki Salah Satu Kepedulian China Pada Rakyatnya

Rabu, 02/02/2011 08:32 WIB

China Awasi Game Anak Lewat Orangtua
Rachmatunisa - detikinet
Jakarta - Pemerintah China telah memerintahkan seluruh perusahaan penyedia video game untuk memberikan akses penuh kepada para orangtua agar bisa memonitor aktivitas bermain game putra-putri mereka.

Kebijakan ini dikeluarkan Kementerian Keamanan Publik China guna mengatasi maraknya kecanduan game yang dialami para remaja di negeri tirai bambu tersebut.

Dikutip detikINET dari AFP, Rabu (02/02/2011), setelah membuktikan identitas, para orangtua bisa memberlakukan pembatasan harian atau mingguan untuk waktu bermain game anak-anak. Mereka bahkan memiliki pilihan untuk memblokir penuh akses bermain game.

Namun sebagian orangtua meragukan kebijakan ini akan efektif dalam menanggulangi kecanduan bermain game.

"Aturan ini tidak penting dan berpotensi menimbulkan sikap berontak dari anak-anak," kata Xie Guangji, ayah dari seorang anak laki-laki berusia 14 tahun.

Sementara Gu Jun, seorang ahli sosiologi di Shanghai University menyebutkan kebijakan ini tidak layak diberlakukan karena rentan menimbulkan konflik di dalam sebuah keluarga.

Bagaimanapun, pemerintah China agaknya memang berupaya keras menekan jumlah korban kecanduan internet dan game agar tidak terus bertambah. Seperti diketahui, jumlah para pecandu internet dan game di sana telah meningkat hingga 33 juta orang.

( rns / rou ) 

  Sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/02/02/083227/1558645/654/china-awasi-game-anak-lewat-orangtua/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar