Sabtu, 13 Maret 2010

haa iki ontran-ontrane sony I

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/03/13/163656/1317693/399/sony-indonesia-tunggu-klarifikasi-tokyo
Sabtu, 13/03/2010 16:36 WIB
Sony Disomasi Sony
Sony Indonesia Tunggu Klarifikasi Tokyo
Achmad Rouzni Noor II - detikinet


logo sony-ak.com
Jakarta - Pihak Sony Indonesia sadar, dampak dari kasus antara Sony Corp. terhadap blogger bernama Sony AK, akan menimbulkan krisis pencitraan yang berdampak buruk terhadap kelangsungan bisnis raksasa elektronik tersebut di Indonesia.

Itu sebabnya, kantor perwakilan Sony di Indonesia buru-buru meminta respon dan klarifikasi langsung atas kasus ini dari kantor pusatnya di Tokyo, Jepang.

"Kami kemarin sudah menghubungi headquarter dan sekarang masih dalam posisi menunggu kabar dari Tokyo. Kami belum bisa memberi pernyataan," kata Rini F Hasbi, Senior Manager Head of Marketing Communications Sony Indonesia kepada detikINET, Sabtu (13/3/2010).
Pihak Sony Indonesia, seperti dituturkan dia, justru baru tahu kabar tentang maraknya kasus sengketa nama domain "Sony" ini dari berbagai pemberitaan di media massa dan penyebaran informasi melalui situs jejaring internet.

"Kami sadar di dunia world wide web ini arus informasi begitu cepat menyebar. Namun kami juga belum bisa menyatakan apa-apa karena harus terlebih dulu mendengar langsung klarifikasinya dari pusat," terang Rini.

Atas gugatan yang dilayangkan Sony Corp kepada Sony AK melalui kuasa hukumnya di Indonesia--Hadiputranto, Hadinoto & Partners--Rini juga mengaku tidak tahu sama sekali akan hal itu, termasuk isi dari somasinya. "Kami belum pernah berhubungan dengan mereka," lanjut dia.

Rini pun tak bisa memberi komentar soal kemungkinan bisa diboikotnya produk-produk elektronik yang dipasarkan Sony di Indonesia. "Kami belum bisa beri jawaban sebelum mendapat update dari pusat. Mungkin mereka agak lama (memberi klarifikasi) karena terpotong week end," jelasnya.

Ihwal kasus ini bermula ketika seorang teknoblogger Indonesia yang bernama Sony Arianto Kurniawan (sony-ak.com) disomasi oleh Sony Corp lantaran nama "Sony" yang melekat di situs pribadinya itu. Sony Corp ketakutan, kalau-kalau situs dengan embel-embel "Sony" itu disalahgunakan dan bisa merusak merek dagangnya, meskipun kenyataannya tidak demikian.

Lantas, Sony AK yang menjadi korban dalam kasus ini, dihadapkan dengan dua pilihan sulit: melepas nama "Sony" atau diseret ke meja hijau oleh Sony Corp. Tak heran jika kemudian ia banjir dukungan--baik di dunia maya maupun dunia nyata--setelah muncul sebuah grup di Facebook dengan nama: "Sony, Jangan Renggut Nama Temanku!". Sejauh ini anggota grup itu sudah hampir 3.000 orang.

Jelas saja gelombang penolakan dan hujatan yang terus mengalir deras dan berseliweran di dunia maya membuat pihak Sony Indonesia ketar-ketir. Rini, meski tidak bisa berkomentar apa-apa, berharap kasus ini segera jernih seusai mendapat klarifikasi dari kantor pusat Sony di Jepang.
( rou / rou )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar