Kamis, 27 Januari 2011

haa iki Jangan Lupa Jamu Looo

Sari Kunyit Tiap Hari
Kamis, 27 Januari 2011 | 03:40 WIB
 
 
Direktur utama PT Sido Muncul Irwan Hidayat (63), Senin (24/1), dengan antusias menceritakan pengalamannya selama pergi ke Jepang. Dia mengaku takjub ketika mengetahui orang Jepang setiap hari minum sari kunyit. Padahal, di Jepang tidak ada tanaman kunyit.
”Jauh sebelum mereka minum (sari) kunyit, saya sudah minum (sari) kunyit tiap hari. Sudah enam tahun ini,” tuturnya.
Enam tahun lalu, Irwan menderita sakit irritable bowel syndrome (IBS), yang menimbulkan nyeri perut, diare, dan sembelit. Setelah itu, dia mencoba minum sari kunyit setiap hari. Dalam waktu enam bulan, IBS yang dideritanya sembuh.
”Orang Indonesia itu kan banyak yang menderita penyakit lambung. Seharusnya minum (sari) kunyit setiap hari. Pasti sembuh. Untuk perempuan, minum kunyit bisa menurunkan ukuran celana satu ukuran karena tidak lagi kembung,” kata Irwan.
Irwan yang sehari-hari berkutat dengan sekitar 400 bahan alam yang diolah menjadi jamu begitu bersemangat memopulerkan kembali tradisi minum jamu. Tradisi itu, meskipun caranya berbeda, harus tetap ada.
”Jangan sampai nanti minuman kunyit dari Jepang masuk ke Indonesia, lalu kita baru sadar tentang manfaat kunyit. Maka, sebelum itu terjadi, kita harus sadar lebih dulu,” tuturnya. (UTI)
Sumber : http://cetak.kompas.com/read/2011/01/27/03403124/sari.kunyit.tiap.hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar