Selasa, 24 Agustus 2010

haa iki Jawaban Pak Quraish

Selasa, 24/08/2010 14:34 WIB

Hikmah di Balik Wudhu

Nurvita Indarini - detikRamadan
GB
Jakarta - Wudhu tidak hanya membasuh fisik dengan air. Wudhu juga tidak sekadar membersihkan kotoran yang melekat di fisik manusia. Namun ada hikmah di balik aktivitas tersebut.

Tentang hikmah berwudhu ini ditanyakan oleh ShinBee dalam live chat di detikforum dengan cendekiawan muslim dalam ilmu-ilmu Al Qur'an yang juga mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII (1998) Quraish Shihab yang digelar pada Selasa (24/8/2010).

Berikut ini, pertanyaan yang disampaikan oleh ShinBee:

1. Apa hikmah berwudhu itu?  Saya pernah dengar, katanya bagusnya salat seseorang dilihat dari wudhunya juga.
2. Lalu jika pada saat kita berwudhu lantas aliran air yg kita sudah gunakan untuk membasuh anggota wudhu lainnya dan aliran air tersebut ternyata terkena untuk basuhan wudhu selanjutnya, itu hukumnya bagaimana? Kalau tidak salah seperti istilah air musta'mal.

Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Quraish Shihab. Menurutnya, wudhu juga dimaksudkan untuk kebersihan lahir dan batin. Berikut ini, jawaban Quraish selengkapnya.

1. Untuk kebersihan lahir dan batin. Nabi mencontohkan seorang yang beruwudu dengan membersihkan diri di sungai. Kekotoran jasmaninya hilang dan niatnya patuh kepada Tuhan dan bermaksud menghadap kepadaNya menggugurkan dosa-dosanya.

2. Kalau sisa air itu terjatuh di kolam yang berisi air yang banyak lalu dengan bercampurnya sisa air itu dengan air kolam maka dapat ditoleransi. Tetapi jika sisa air itu ditampung di satu wadah dan digunakan kembali maka airnya tidak dapat digunakan bersuci. Dalam arti ari musta'mal, air yang sudah terpakai.

Anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan seputar agama Islam, silakan bergabung dengan live chat bersama Quraish Shihab di detikforum sekarang juga. Jangan ketinggalan ya!

( vta / ayu )
Sumber : http://ramadan.detik.com/read/2010/08/24/143407/1426764/631/hikmah-di-balik-wudhu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar