Senin, 30 Agustus 2010

haa iki Signal DPR Menolak Calon Ketua KPK

Ada Signal DPR Tak Suka Busyro dan Bambang

Minggu, 29 Agustus 2010 - 08:31 wib
Dede Suryana - Okezone
JAKARTA - Panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan KPK telah meloloskan dua kandidat yang akan menjalani seleksi selanjutnya di depan anggota DPR. Siapakah yang akan dipilih DPR, apakah Bambang Widjojanto atau Busyro Muqoddas?

Pengamat politik Burhanudin Mutadi mengkhawatirkan DPR justru menolak kedua calon bos KPK itu dengan alasan membahayakan anggota DPR korup.

“Ini pilihan sulit dari DPR. Dan Kalau melihat beberapa tanggapan dari beberapa anggota Komisi III, ini signal bahwa DPR bisa saja tidak menerima keduanya,” jelas Burhan saat berbincang dengan okezone, Minggu (29/8/2010).

Kenapa DPR menolak? Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini beralasan, kedua tokoh yang lolos menjalani verifikasi final yang dilakukan pansel KPK ini memiliki rekam jejak yang tinggi terkait pemberatasan korupsi.

“BW selama ini aktif dalam berbagai kegiatan antikorupsi, dia juga mantan pengacara Bibit dan Chandra. Dan semua orang tahu, DPR saat itu cenderung memihak Polri. Sementara BM, kiprahnya di KY juga dianggap memiliki komitmen tinggi. Dan ini akan membahayakan DPR,” terang Burhan.

Alhasil, kata dia, bukan tidak mungkin kerja keras Pansel selama akan dilebur oleh kewenangan DPR yang tidak memilih keduanya. “Dan ini pasti akan jadi polemik karena butuh mekanisme berikutnya,” katanya.

Karena itu menurut Burhan, masyarakat, LSM, akademisi dan media selayaknya mengawal sekaligus memberi tekanan kepada DPR agar penolakan itu tidak sampai terjadi.(ded)
Sumber : http://news.okezone.com/read/2010/08/29/339/367741/339/ada-signal-dpr-tak-suka-busyro-dan-bambang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar