Jumat, 27 Agustus 2010

haa ini Tanggapan Pejabat Kita Tentang Gertakan Malaysia

26/08/2010 - 16:37
Malaysia Menggertak, Indonesia Ogah Menanggapi

(IST)
INILAH.COM, Jakarta – Indonesia enggan menanggapi pernyataan Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah Aman yang di kalangan diplomatik tergolong sangat keras.
“Kita belum mendengar ada pernyataan resmi dari pemerintah Malaysia,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada INILAH.COM, Kamis (26/8).
Menlu Datuk Seri Anifah mengecam keras demonstrasi di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta. Menlu Malaysia itu juga mendesak pemerintah Indonesia menindak tegas para pendemo yang dinilainya sudah sangat keterlaluan dan anarkistis itu.
"Indonesia harus melakukan sesuatu guna memastikan unjuk rasa bisa dikendalikan, sebelum Malaysia kehilangan kesabaran," kata Anifah sebagaimana dikutip NST.com.
Bahasa yang dilontarkan Anifah itu tergolong sangat keras, apalagi untuk diplomat setingkat menteri luar negeri. Bahasa keras semacam itu lazimnya dilontarkan kalangan politisi, pengamat, lembaga swadaya masyarakat atau masyarakat awam.
Tidak hanya mengeluarkan pernyataan keras, kemarin, Menlu Datuk Anifah juga memanggil Wakil Duta Besar RI di Kuala Lumpur Tatang B Razak ke Wisma Putra.
Dalam pertemuan itu, Menlu Malaysia mengecam provokasi dan segala macam cemoohan terhadap negaranya. "Unjuk rasa ini (pelemparan kotoran ke kantor kedutaan Malaysia di Jakarta) merupakan tindakan tidak terhormat yang melukai Malaysia. Tindakan tersebut seakan menantang kedaulatan kami," katanya.
Faizasyah menilai pernyataan Menlu Malaysia itu dikeluarkan dalam konteks menjawab pertanyaan wartawan dan untuk khalayak dalam negeri Malaysia. “Jadi, jangan terlalu didramatisasi,” ujar Faizasyah agak gelagapan.
Ditanya apakah berarti Indonesia tidak menganggap pernyataan Menlu Malaysia itu ditujukan kepada pemerintah Indonesia, Faizasyah mengatakan, “Saya tidak mengatakan begitu. Saya hanya menegaskan bahwa pernyatan itu dikeluarkan dalam konteks menjawab pertanyaan pers.”
Faizasyah menjelaskan pernyataan Anifah itu sebagai respons pertanyaan pers tentang tindakan para pendemo yang sampai melemparkan kotoran ke kantor Kedubes Malaysia di kawasan Kuningan, Jakarta. “Kalau kedutaan kita dilempari kotoran, masyarakat kita tentu juga menentang kan.”
Apakah Indonesia menganggap pernyataan Menlu Malaysia yang keras itu sebagai hal yang wajar? Faizasyah kembali mengulangi jawabannya, “Saya tidak mengatakan begitu. Itu bukan pernyataan resmi yang disampaikan pemerintah (Malaysia kepada pemerintah Indonesia).” [nic]
Sumber : http://www.inilah.com/news/read/politik/2010/08/26/774271/malaysia-menggertak-indonesia-ogah-menanggapi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar