Rabu, 25 Agustus 2010

haa iki Tentang Malaysia Yang Nakal

Rabu, 25/08/2010 11:58 WIB
Kronologi Pembebasan 3 Petugas KKP Versi Da'i Bachtiar


Laurencius Simanjuntak - detikNews

 
Jakarta - Tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ditahan Polisi Diraja Malaysia selama tiga malam, sebelum akhirnya dilepaskan tepat pada HUT ke-65 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2010.

Dubes RI untuk Malaysia Jenderal (Purn) Da'I Bachtiar menjelaskan lika-liku diplomasi RI demi melepaskan 3 WNI itu. Berikut kronologinya:

14 Agustus


- Pagi hari, Kedubes RI mendapat laporan atas insiden penangkapan malam harinya. Saat itu juga Dubes berkoordinasi dengan semuat Konsulat Jenderal.

-Siang hari, Dubes dapat info 3 petugas KKP berada di kepolisian Johor Baru. Tapi belum dapat akses ke sana.

-Sore hari, Dubes komunikasi via telepon dengan Wakil Kepala Polisi Diraja Malaysia. Yang bersangkutan belum tahu soal penangkapan 3 petugas KKP, seraya berjanji kalau ada laporan akan dikomunikasikan.

-Malam hari, Dubes mengirim pesan ke Wakil Kepala Polisi Diraja Malaysia, namun masih belum ada perkembangan.

15 Agustus


-Pagi hari, Dubes memperoleh informasi yang cukup tentang 3 petugas KKP yang ditahan dari lapangan. Sementara kepolisian Malaysia belum mendapat informasi, meski mereka mengaku sudah mendengar; Dubes mendapat instruksi dari Menlu Marty Natalegawa untuk segera mengusahakan pembebesan.

-Dubes tetap tidak bisa menghubungi Kementerian Luar Negeri Malaysia karena di Malaysia Sabtu-Minggu tidak lazim digunakan untuk diplomasi.

16 Agustus

-Pagi hari, Dubes berhasil komunikasi dengan Kepala Polisi Diraja Malaysia. Polisi berjanji melepaskan sore hari.

-Tengah malam pukul 00.00 waktu setempat, Kepala Polisi Diraja Malaysia belum bisa memenuhi janji melepaskan 3 petugas KKP, dengan alasan belum bisa berkoordinasi dengan pihak terkait, Jaksa Agung (karena sudah diperiksa) dan Menlu. Polisi janji bebaskan besok harinya.

17 Agustus


-Pukul 08.00 waktu Malaysia, 3 petugas KKP belum juga dilepaskan oleh kepolisian Johor Baru, meski Kepala Polisi Diraja mengatakan sudah dilepaskan. Petugas pengantar minta paper (surat).

-09.30 dilepaskan dan 10.20 sampai di KJRI Johor Baru dan ikut upacara peringatan kemerdekaan.

(lrn/mad)
Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/08/25/115841/1427502/10/kronologi-pembebasan-3-petugas-kkp-versi-dai-bachtiar?991102605 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar