Rabu, 22 September 2010

haa iki Catatan Komjen Imam Sudjarwo

21/09/2010 - 07:27
Bursa Calon Kapolri
Di Mata Aktivis HAM, Imam Punya Catatan Hitam
MA Hailuki
Imam Sudjarwo
(inilah.com/Ogi)
INILAH.COM, Jakarta - Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) menilai Komjen Pol Imam Sudjarwo memiliki catatan buruk saat menjadi Kapolres Banyuwangi pada 1997.
Ketika itu, sebagai Kapolres Imam gagal mencegah terjadinya kasus pembunuhan terhadap ratusan orang yang dituduh dukun santet.
"Saat kasus itu mencuat Imam Sudjarwo adalah Kapolres di Banyuwangi, dia gagal mencegah kekerasan," ujar Koordinator Kontras Jakarta Haris Azhar kepada INILAH.COM, Selasa (21/9).
Selain gagal mencegah, Kontras juga menilai Imam Sudjarwo gagal melakukan penindakan hukum terhadap para pelaku pembunuhan dukun santet tersebut.
"Warga sudah menyerahkan pelakunya ke Polisi tapi dibebaskan dengan alasan tidak waras atau gila, tidak ada penegakan hukum saat itu di Banyuwangi. Jadi Kapolres saja tidak bisa bagaimana mau jadi Kapolri," ujar Haris.
Imam sebagai Kapolres pun dinilai gagal memberikan penjelasan kepada publik tentang informasi peristiwa tersebut. "Sampai sekarang tidak ada penjelasan dari dia kepada publik, padahal publik berhak tahu tentang kasus yang sebenarnya," tegas Haris.
Sebagaimana diketahui, pada 1997 Imam Sudjarwo menjabat sebagai Kapolres Banyuwangi. Saat itu terjadi pembunuhan terhadap 117 orang yang dituduh sebagai dukun santet. Sebanyak 80 warga Nahdlatul Ulama (NU) juga dilaporkan tewas dalam kurun waktu itu. [mah]

Sumber : http://www.inilah.com/news/read/politik/2010/09/21/832521/di-mata-aktivis-ham-imam-punya-catatan-hitam/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar