Jumat, 17 September 2010

haa iki Ontran-ontran opo meneh?

Jumat, 17/09/2010 11:23 WIB
SBY Diminta Tak Gentar Atas Desakan 8 Ribu Jaksa Soal Jaksa Agung
Indra Subagja - detikNews


Jakarta - Presiden SBY diminta tidak gentar atas desakan 8 ribu jaksa yang menolak calon Jaksa Agung dari luar Kejaksaan. SBY harus tetap memilih calon yang terbaik untuk membersihkan institusi Kejaksaan, meskipun calon berasal dari luar Kejaksaan.

"Kita minta Presiden tetap obyektif dalam memilih Jaksa Agung," kata Wakil Koordinator ICW, Emerson Yuntho, di Jakarta, Jumat (17/9/2010).

Pernyataan sikap 8 ribu jaksa itu pun dinilai tidak pantas dilakukan. Mengingat para jaksa adalah pegawai negeri sipil, abdi negara.

"Yang perlu diwaspadai ada potensi pembangkangan jika kemudian presiden memilih jaksa agung dari non karier," imbuhnya.

Sikap 8 ribu jaksa itu pun menunjukkan ketidaksukaan pada calon Jaksa Agung dari kalangan luar. "Sebaiknya persatuan jaksa dan kejaksaan bersikap netral," imbuhnya.

Emerson meminta kalangan jaksa patuh kepada presiden selaku pimpinan negara. "Siapa pun yang akan terpilih menjadi Jaksa Agung, karir dan non karier, seluruh jaksa harus patuh," ujarnya.

Dalam jumpa pers di Kejagung, Kamis (16/9), Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) menolak Jaksa Agung dari kalangan luar. Mereka meminta presiden memilih calon dari kalangan internal, korps adhyaksa. Sementara, publik  sedang berwacana Busyro Muqoddas dan Bambang Widjojanjo untuk menjadi pimpinan KPK dan Jaksa Agung. Presiden SBY juga menyatakan, Jaksa Agung pengganti Hendarman Supandji tidak harus dari Kejaksaan.
(ndr/nrl)

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/09/17/112314/1442274/10/sby-diminta-tak-gentar-atas-desakan-8-ribu-jaksa-soal-jaksa-agung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar