Kamis, 02 September 2010

haa iki Pidato Yang Ditunggu Itu 2

02/09/2010 - 05:00
‘Pidato SBY Sangat Menyedihkan’
Vina Nurul Iklima
Presiden SBY
(inilah.com/Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta – Pidato politik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendapat kritikan pedas dari aktivis dan organisasi masyarakat (ormas). SBY membuat harga diri bangsa Indonesia kecil di mata dunia internasional.
“Ini sangat menyedihkan politik diplomasi, bahkan menempatkan harga diri dan martabat sebagai sarana untuk barter yang membuat negara Indonesia menjadi ajang permainan bangsa lain," kata aktivis Petisi 28, Haris Rusly ketika berbincang dengan INILAH.COM di Jakarta, Kamis (2/9).
Menurutnya, SBY seolah membuat Ri sangat ketergantungan dengan Malaysia. Terutama hubungan kerjasama di bidang ekonomi dan investasi.
“SBY telah menyimpang dari sisi negara yang diperjuangkan, bahkan ketidakmampuannya memimpin telah menempatkan bangsa ini diinjak oleh negara tetangga,” cetus Haris.
SBY tidak seharusnya menyatakan bahwa tidak semua peroalan batas wilayah terkait kedaulatan negara. Adalah salah SBY menganggap konflik RI-Malaysia akan berjalan mulus lewat penyelesaian secara diplomatik.
"Kemenangan di arena diplomatik sangat ditentukan oleh kemenangan dan keberanian negara mengarahkan alat perangnya. Dan presiden harus mengambil langkah dengan menggelar pasukan di perbatasan," tandasnya.
Sebagaimana diberitakan, Presiden SBY tak memilih langkah perang menyikapi gertakan dan ancaman Malaysia. Salah satu pertimbangannya adalah keberadaan 2 juta TKI di Malaysia. [mah]
Sumber : http://www.inilah.com/news/read/politik/2010/09/02/791841/pidato-sby-sangat-menyedihkan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar