Kamis, 08 Juli 2010

haa iki Adios, Germany!

08/07/2010 - 03:23
Adios, Germany!

(fifa.com)
INILAH.COM, Durban - Ulangan final Piala Eropa 2008 kembali terulang. Satu gol yang dicetak Carles Puyol ke gawang Jerman membawa Spanyol ke final Piala Dunia untuk pertama kalinya.
Di Stadion Durban, Vicente Del Bosque memilih membangku cadangkan Fernando Torres, yang tak juga mencetak gol, dan memasang penyerang Barcelona, Pedro Rodriguez. Sementara Joachim Loew kehilangan Thomas Muller akibat akumulasi kartu kuning.
Jerman yang mengandalkan serangan balik seperti merelakan Spanyol menguasai bola. Tim Matador pun unggul 63:37 dibandingkan Der Panzer hingga 30 menit laga berlangsung.
Spanyol unggul dalam penguasaan bola dengan menerapkan permainan pendek dari kaki ke kaki yang dikomandoi Xabi Alonso, Xavi dan Iniesta, sedangkan Jerman membangun serangan balik melalui pergerakan Philip Lahm maupun Mesut Ozil dari sisi lapangan.
Pelauang pertama diciptakan Spanyol melalui David Villa menit ketujuh. Menerima umpan Pedro dari dalam kotak penalti, tendangan bomber Barcelona itu masih dapat digagalkan kiper Manuel Neuer.
Namun setelah itu tak ada peluang lagi tercipta dari kedua tim. Satu sundulan Carles Puyol menyambut umpan silang Xavi masih tinggi diatas mistar, sementara tendangan Sergio Ramos masih melebar.
Jerman baru membuka peluang di menit ke 31, ketika Piotr Trochowski yang tak terkawal melepaskan tendangan jarak jauh. Bola yang sudah mengarah ke sudut kiri bawah gawang masih bisa ditepis Iker Casillas.
Meski saling menyerang, kedua tim kesulitan melepaskan tembakan karena disiplinnya pertahanan kedua tim, terutama Jerman, yang para pemain bertahannya tak pernah telat kembali ke pos masing-masing. Saat diserang, hingga enam pemain Jerman terlihat berkumpul di kotak penalti.
Sementara Spanyol, meski beberapa kali kecolongan lewat serangan balik, mereka berhasil menggagalkan peluang lawannya pada detik-detik terakhir.
Di akhir pertandingan, Spanyol kembali mendapat peluang. Pedro berhasil membuka celah dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun tendangannya masih dapat digagalkan Neuer.
Wasit Viktor Kassai dari Hungaria pun mengakhiri laga dengan hasil sementara imbang tanpa gol. Jerman berhasil meningkatkan penguasaan bola menjadi 44:56.
Tak ada perubahan pada kedua tim di awal babak kedua. Jerman masih tetap mengandalkan serangan balik, sementara Spanyol tetap mengutamakan penguasaan bola dengan permainan pendek.
La Furia Roja, yang kesulitan menembus pertahanan Jerman, lebih banyak mencoba peluang melalui tendangan jarak jauh, dua diantaranya dari Xabi Alonso. Sedangkan tendangan Pedro, usai melakukan umpan satu-dua dengan Iniesta, masih bisa digagalkan Neuer.
Sebaliknya Jerman, yang masih berusaha membangun dari serangan balik, tak juga mampu membuka peluang hingga 15 menit babak kedua berlalu.
Peluang kembali didapatkan Villa pada menit 68 setelah berhasil mengecoh beberapa pemain Jerman. Namun kembali Neuer dengan gemilang menyelamatkan gawang Jerman.
Der Panzer baru berhasil melakukan tembakan ke gawang memasuki menit ke 70. Menyambut umpan Podolski, Toni Kroos melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti namun digagalkan Casilllas.
Skor kacamata akhirnya berubah pada menit 73. Sepak pojok Iniesta berhasil disambut sundulan Carles Puyol dan menggetarkan jala Jerman. 1-0 untuk Spanyol.
Tertinggal satu gol membuat Jerman tampil menyerang. Gelandang bertahan Sami Khedira keluar digantikan penyerang Mario Gomez. Namun pergantian ini justru menghadirkan celah di pertahanan Jerman yang rapat.
Satu serangan balik membuat Pedro Rodriguez dan Fernando Torres tinggal berhadap-hadapan dengan Manuel Neuer dan Mertesacker, namun keegoisan Pedro membuat peluang tersebut sia-sia.
Hingga wasit mengakhiri laga, tak ada lagi gol tercipta. Spanyol pun menantang Belanda di final.[boy]
SUSUNAN PEMAIN:
Jerman (4-2-3-1)
Kiper: Manuel Neuer
Bek: Philipp Lahm, Per Mertesacker, Arne Friedrich, Jerome Boateng (Marcel Jansen 52’)
Gelandang: Sami Khedira (Mario Gomez 81’), Bastian Schweinsteiger, Piotr Trochowski (Toni Kroos 62’), Mesut Ozil, Lukas Podolski
Penyerang: Miroslav Klose
Spanyol (4-2-3-1)
Kiper: Iker Casillas
Bek: Sergio Ramos, Carles Puyol, Gerard Pique, Joan Capdevila
Gelandang: Sergi Busquets, Xabi Alonso (Carlos Marchena 90’), Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez (David Silva 86’)
Penyerang: David Villa (Fernando Torres 81’)

Sumber : http://www.inilah.com/news/read/olahraga/2010/07/08/651181/adios-germany/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar