Selasa, 13 Juli 2010

haa iki Cruyff: Belanda Terlalu Kotor

Cruyff: Belanda Terlalu Kotor
Johan Cruyff.
BARCELONA, KOMPAS.com - Legenda hidup sepak bola Belanda, Johan Cruyff, kecewa terhadap penampilan "De Oranje" di final Piala Dunia 2010. Menurutnya, Belanda bermain kasar lawan Spanyol dan pantas kalah.
Dalam kolom rutin di harian El Periodico, Cruyff mengkritik habis-habisan cara yang dilakukan pelatih Bert van Marwijk. Selama ini Van Marwijk sudah meninggalkan akar sepak bola Belanda, yang dikenal dengan permainan totaalvoetball. Van Marwijk lebih suka cara-cara pragmatis seperti yang dilakukan oleh Inter Milan pada musim lalu.
"Dapatkah kita bermain seperti Inter? Dapatkah kita menghentikan Spanyol dengan cara Mourinho menyingkirkan Barca?" tulis Cruyff di paragraf pertama ulasannya.
"Saya bilang tidak, tidak bisa. Saya bilang tidak, bukan karena saya membenci gaya itu. Saya bilang tidak karena saya rasa kita tidak boleh menyerah dengan gaya kita," tambahnya. "Saya bilang tidak karena, tanpa pemain-pemain besar seperti di masa lalu, Belanda tetap punya gayanya sendiri."
Nyatanya, Belanda memang bisa melawan Spanyol selama 115 menit. Namun, kata Cruyff, cara yang dilakukan Giovanni Van Bronckhorst sangat kotor. Delapan pemain Belanda mendapat kartu kuning, satu di antaranya mendapat kartu merah dan ini bukti nyata akan permainan kasar mereka.
"Saya salah. Mereka (Belanda) tidak ingin bermain bola. Dan sangat disayangkan, sangat menyedihkan, mereka bermain sangat kasar," ungkap mantan Pelatih Barcelona itu.
"Ini buruk, vulgar, bikin sesak, tidak menarik, gaya main yang buruk. Jika dengan ini mereka puas, boleh saja, tapi mereka kalah," tambahnya. "Menyakitkan bagi saya (karena) Belanda memilih cara buruk untuk mengejar gelar."
Sejak sebelum final berlangsung, Cruyff sudah meragukan kemampuan Belanda menghadapi "La Roja". Sebab, menurutnya, Spanyol memiliki pemain-pemain dengan kualitas lebih baik. Setelah melihat final semalam, pemain yang pernah mengantar Belanda ke final Piala Dunia pada era 1970-an itu menilai Belanda "pantas bermain dengan sembilan pemain sejak awal laga karena mereka melakukan dua pelanggaran yang sangat kasar." -LHW

Sumber : Cruyff : Belanda Terlalu kotor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar