Senin, 19 Juli 2010

haa iki Tiga Opsi WNI: Buka Warung, Jadi TKI atau PSK

Misbahol Munir - Okezone 
Senin, 19 Juli 2010 - 12:10 wib
 
Razia di lokalisasi Dolly (Koran SI)
 
JAKARTA- Kenaikan tarif dasar listrik, harga sembako, mahalnya biaya kesehatan serta pendidikan, semakin membuat rakyat miskin sengsara.

Ditengah situasi krisis seperti ini muncul tiga opsi yang paling rasional bagi rakyat Indonesia di lapisan bawah. Yaitu membuka usaha kecil-kecilan, menjadi buruh migran, atau melacurkan diri.

“Kalau punya modal kecil ya buka warung, kalau modalnya agak besar jadi TKW, dan kalau tak punya dua-duanya ya jadi PSK,” ujar Koordinator Petisi 28 Haris Rusli saat beraudiensi dengan anggota DPR di Jakarta, Senin (19/7/2010).

Lontaran Haris di atas merupakan bentuk sindiran kepada pemerintah dan wakil rakyat terhadap kebijakan kenaikan TDL, konversi minyak tanah ke elpiji, serta semakin mahalnya biaya hidup sehari-hari di republik ini. Seperti harga cabe yang melejit hingga Rp50 ribu per kilogram.

Haris tidak sendirian melontarkan protesnya di gedung DPR. Dia didampingi sejumlah rekannya seperti Iwan Dwi Laksono, Didih Guntoro, Ahmad Muslim, Catur, Ahmad, Zulfi Asyyan, Lalu Hilman Afiandi, dan Boni Hargens. Berbagai unek-unek pun mereka sampaikan, termasuk kelanjutan kasus Bank Century hingga iring-iringan Patwal Presiden yang menganggu lalu lintas.

Berbagai lontaran mereka langsung didengarkan oleh Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Eva Kusuma Sundari, dan Lily Wahid. “Kami secara pribadi, saudari Eva Sundari dan Lily Wahid mengapresiasi apa yang telah dilakukan Petisi 28,” ujar Pramono Anung.

Wakil rakyat dari PDIP itu pun berjanji akan memperjuangkan aspirasi yang disampaikan Petisi 28. Pramono mengakui acapkali pemerintah kurang siap saat melaksanakan kebijakannya. Seperti dalam kasus konversi elpiji. Maraknya peristiwa ledakan tabung gas merupakan salah satu indikatornya.

“Yang kita sayangkan, kesepakatan di DPR banyak terjadi di luar gedung DPR,” tandasnya.
(ful)
Sumber : http://news.okezone.com/read/2010/07/19/339/354247/tiga-opsi-wni-buka-warung-jadi-tki-atau-psk
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar