Kamis, 15 Juli 2010

haa iki Lima Kecamatan Diamuk Wereng

Lima Kecamatan Diamuk Wereng
Kamis, 15 Juli 2010 | 09:17 WIB
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
serangan hama weren

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ratusan hektar sawah di lima kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terancam gagal panen menyusul serangan hama wereng coklat dalam tiga bulan terakhir ini.
   
Petani setempat, Kamis (15/7/2010) mulai resah karena serangan hama wereng ini sulit dikendalikan. Berbagai upaya yang mereka lakukan, seperti penyemprotan obat ternyata tidak mampu menghentikan serangan hama wereng yang sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir ini.
   
Seperti serangan hama wereng coklat di Desa Bedewang dan Parangharjo Kecamatan Songgon, Desa Cantuk dan Singolatren Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi.
   
Bahkan, para petani di dua kecamatan ini mulai frustasi karena terus merugi. Pasalnya, akibat hama wereng coklat tersebut petani tidak pernah lagi panen. Bahkan hingga panen yang kedua mereka juga tidak mendapatkan hasil sama sekali.
   
Akibat serangan hama itu, tanaman padi menjadi kering dan menyebabkan biji padi kepong alias tidak berisi. Sehingga, untuk menghindari kerugian lebih besar lagi, petani terpaksa memanen padinya lebih awal. Namun petani hanya bisa menyelamatkan sekitar 45 persen dari hasil panennya.
   
Ayin, salah seorang petani di Desa Parangharjo Kecamatan Songgon, mengaku sudah dua kali ini tidak bisa menikmati hasil panennya. Karena itu, petani memilih panen lebih awal meski tanaman padinya belum begitu tua.
   
Hal yang sama juga diungkapkan Prayudi, warga Desa Bedewang Kecamatan Songgon. Menurut dia, wereng coklat yang menyerang lahan pertanian di desanya sangat ganas.

Sumber : Serbuan Wereng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar