Rabu, 14 Juli 2010

haa iki Kiat Kurangi Minyak dalam Makanan

Kiat Kurangi Minyak dalam Makanan
Rabu, 14 Juli 2010 | 07:28 WIB
 
JAKARTA, KOMPAS.com - MINYAK adalah salah satu bentuk lemak yang paling akrab ditemukan. Kehadirannya memang sangat dibutuhkan untuk pemrosesan makanan, namun bila penggunaannya berlebihan juga bisa menjadi pembawa petaka. 

Nah, supaya tidak terjebak dalam kebiasaan menggunakan minyak secara berlebihan, ikutilah tip berikut ini :

1.    Ukur dengan seksama
Tahukah Anda, satu sendok makan minyak mengandung 100 kalori? Karena itu, gunakan minyak seperlunya. Hindari makanan gorengan. Ketika ingin makan gorengan, konsumsi secukupnya saja.

2.    Imbangi dengan makanan sehat
Hampir semua hidangan favorit ala Indonesia diolah dengan cara digoreng. Ingin tetap sehat walau makan gorengan? Sediakan pula lalapan sayur dan buah segar di meja makan.

3.    Lebih baik dipanggang
Supaya mirip digoreng, lumuri makanan dengan canola cooking spray. Lalu, panggang sampai bagian luarnya berwarna kecokelatan.

4.    Bisa juga dioven kering
Oven kering juga memberi efek gorengan pada makanan. Lumuri makanan dengan minyak zaitun atau canola terlebih dahulu, kemudian panggang dengan suhu sampai 200 derajat Celsius.

5.    Buang kelebihan lemak

Buang kulit ayam atau lenyapkan lemak dari daging sapi olahan. Jangan khawatir, daging masakan pasti tetap lezat dan Anda tak menderita kelebihan kalori. (diy)

Sumber  : http://kesehatan.kompas.com/read/2010/07/14/07284059/Kiat.Kurangi.Minyak.dalam.Makanan-4
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar