Minggu, 23 Mei 2010

haa iki "Tokoh Sulsel: Andi Mallarangeng Kena Tulah Omongan Sendiri"

Minggu, 23/05/2010 16:50 WIB
Tokoh Sulsel: Andi Mallarangeng Kena Tulah Omongan Sendiri
Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews


Makassar - Kekalahan mutlak Andi Mallarangeng dalam pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) dinilai seperti 'kena tulah' dari omongannya sendiri. Pada 1 Juli 2009, Andi sebagai pendukung capres SBY menyebut kalimat kontroversial, "Orang Sulawesi Selatan (Sulsel) belum waktunya jadi presiden".

Tokoh masyarakat Sulsel, Prof Halide, menilai AM sebagai politisi muda yang sering keseleo lidah, emosional dan kurang perhitungan dalam merencanakan sesuatu. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh AM dengan kapasitasnya sebagai intelektual muda, jika masih ingin melanjutkan karir politiknya.

"AM kena batunya sendiri, dia terlalu percaya diri, dia pernah bilang orang Sulsel belum pantas jadi presiden di negeri ini, padahal jelas-jelas UUD 1945 tidak pernah membatasi itu," ungkap Halide yang masih bersahabat dengan ayah AM, pada detikcom, Minggu (23/5/2010).

Halide menyarankan AM memperbaiki performanya dan harus bisa mengambil pelajaran dari kekalahannya di Kongres PD II ini. "AM masih punya banyak waktu untuk memperbaiki diri, jika ingin menjadi negarawan sejati dia harus menghindari kebiasaan politisi yang suka berbohong, munafik dan tidak punya malu," nasihat Halide.

Tokoh Sulsel lainnya, Zainuddin Thaha, menilai karakter AM sebagai orang luar Jawa masih memerlukan waktu untuk naik ke puncak nasional. Zainuddin juga menilai pola pemasaran dan iklan AM yang jor-joran tidak menjamin keterpilihan seorang AM menjadi Ketua Umum Demokrat.

"Perlu reformasi budaya untuk menempatkan orang-orang yang punya peluang sama, tanpa melihat latar belakang etnik seseorang seperti AM," tandas Guru Besar Universitas Negeri Makassar ini.

(mna/nrl)

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/05/23/165005/1362530/10/tokoh-sulsel-andi-mallarangeng-kena-tulah-omongan-sendiri?991101605

Tidak ada komentar:

Posting Komentar