Senin, 28 Juni 2010

haa iki Gulai Kepala Ikan Mak Nyuss di Padang Express

Senin, 28/06/2010 10:04 WIB
Gulai Kepala Ikan Mak Nyuss di Padang Express
Bondan Winarno - detikFood
 
Jakarta - Satu lagi rumah makan yang menyajikan gaya  
Gulai Kepala Ikan Mak Nyuss di Padang Express 
masakan Minang-Melayu, setelah RM Garuda yang lebih dulu tenar dan punya banyak penggemar. Tentu saja, karena masakan gagrak Minang-Melayu ini banyak disukai oleh kaum keturunan Tionghoa asal Medan, maka tiga lokasi pertamanya pun berada di sekitar tempat permukiman mereka.

Tentu saja, gulai kepala ikan kakap merah (Rp 60 ribu) di Padang Express merupakan menu yang wajib dijajal.  Ukurannya cukup besar untuk disantap 2-3 orang. Santannya mlekoh alias kental, dengan warna jingga. Bumbu gulainya sangat nendang, dengan hint rasa asam dari tomat hijau yang dimasak sampai lunak. Daging yang masih melekat pada tulang-tulang kepala kakap bertekstur kencang – menandai kesegaran ikannya sebelum dimasak. Mak nyuss!
Lauk khas Medan yang perlu dicoba di sini, antara lain, adalah: daun ubi tumbuk, gulai daun ubi, kerang sambal, tempe tauco, dan patin asam pedas. Hidangan istimewa lainnya termasuk: udang galah goreng (Rp 50rb per ekor), teri bilis, dan ayam pop.

Orang Sumatra Utara memang sangat suka sayur daun ubi tumbuk. Yang dimaksud daun ubi adalah daun singkong muda, dimasak dalam kuah gulai santan encer, dengan rimbang dan kincung (=kecombrang/honje). Sayur ini memang sangat khas Medan-Tapanuli. Aroma harum dan rasa asam dari kincung membuat sayur ini terasa sangat segar.

Sajian daun singkong lainnya yang khas Medan adalah masakan gulai dengan irisan tempe kecil dan teri. Kerang sambalnya juga sangat khas Melayu-Deli, yaitu kerang darah yang dimasak dalam bumbu sambal tomat. Gurihnya benar-benar mampu menggoyang lidah.

Tempe tauco – masakan sehari-hari orang Medan – pun hadir dengan cantiknya di Padang Express. Tempe dipotong kecil-kecil, dimasak kuah tauco dengan kacang panjang, rimbang, dan terong medan.

Kalau meninjau dari kualitas masakannya, saya yakin tidak akan lama lagi kita akan melihat Padang Express hadir tersebar di berbagai lokasi Nusantara. Semoga demikian, supaya kita tidak perlu pergi jauh-jauh ke daerah Kota. (Bondan Winarno)

Padang Express
Jl. Gajah Mada 67-68, Jakarta Barat
021 6337362, 63866540
Jl. Pluit Utara Raya 83, Jakarta Utara
021 6620588, 6692953
Jl. Gaya Motor III No. 7, Sunter II
021 6510588
( dev / Odi ) 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar