Kamis, 10 Juni 2010

haa iki Ruas Cinere Mulai Diperbaiki

I N F R A S T RU K T U R
Ruas Cinere Mulai Diperbaiki
Kamis, 10 Juni 2010 | 05:08 WIB

Depok, Kompas - Akses jalan Jakarta-Depok melalui Cinere dalam perbaikan. Petugas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok menguruk sebagian titik di ruas jalan di Cinere dengan pasir dan batu.
Mereka juga merobohkan rumah yang berada di jalur pelebaran jalan. Namun, masih ada sejumlah bangunan dan tiang listrik di jalur pelebaran jalan.
”Perbaikan kami awali dengan menambal titik kerusakan. Selanjutnya, kami melapisi titik itu dengan aspal hotmiks setebal 5 sentimeter dalam minggu-minggu ini,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok Yayan Arianto, Rabu (9/6) di Depok.
Pengurukan jalan baru berlangsung di sejumlah titik yang mengalami kerusakan terparah, yaitu antara Mal Cinere dan Cinere Square. Selain aktivitas petugas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, di ruas ini terpampang spanduk berwarna biru yang berisi pemberitahuan dimulainya perbaikan.
Setelah melapisi aspal hotmiks, Pemerintah Kota Depok berencana melebarkan ruas dari titik Kantor Samsat ke arah stasiun pengisian bahan bakar untuk umum dari arah Depok menuju Jakarta. Yayan mengatakan, lebar ruas jalan di kawasan Cinere kelak menjadi 24 meter dari Jalan Jakarta menuju pertigaan Parung Bingung. Saat ini kondisi jalan tidak memiliki lebar yang sama karena jumlah lajur jalan tidak sama di sejumlah ruas, terdapat satu sampai tiga lajur jalan sehingga pada titik penyempitan terjadi antrean kendaraan.
Meski masih ada bangunan dan tiang listrik di jalur pelebaran jalan, Yayan yakin hal ini tidak menghalangi pekerjaan petugas di lapangan. Seluruh pemilik rumah yang berada di jalur pelebaran jalan telah menerima uang ganti rugi sehingga tidak ada alasan bagi pemilik bangunan untuk bertahan. Sementara itu, pemindahan tiang listrik ke luar badan jalan berlangsung setelah koordinasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).
Warga sudah lama mengharapkan perbaikan ruas jalan di Cinere. Mereka pengguna jalan yang selama ini terganggu karena infrastruktur yang buruk.

Tanpa konsep 

Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok, Babai Suhaimi, mengatakan, buruknya infrastruktur di Cinere hanya sebagian kecil dari banyaknya persoalan infrastruktur di Depok. Menurut Suhaimi, eksekutif tidak mempunyai konsep terencana untuk memperbaiki infrastruktur. Padahal, perbaikan ini sangat memengaruhi pertumbuhan ekonomi warga Depok.
Kerusakan ruas jalan di Cinere merupakan fakta bahwa Pemkot Depok tidak memiliki perhatian serius untuk menghidupkan pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Dia menyayangkan perbaikan jalan di ruas Cinere baru berjalan sekarang pada saat-saat terakhir masa jabatan kepala daerah. Padahal, Komisi C DPRD Kota Depok mengingatkan eksekutif sejak awal agar perbaikan infrastruktur di Depok mendapat perhatian serius.
”Kami (legislatif) dan masyarakat mendukung penuh perbaikan jalan di ruas ini. Buktinya, masyarakat tidak keberatan melepaskan tanahnya untuk pelebaran jalan,” katanya.
Menurut dia, masih banyak jalur transportasi di Depok yang kondisinya buruk, salah satunya di ruas Cipayung menuju tempat pembuangan sampah Kota Depok. Kondisi jalan di jalur ini buruk karena tidak mampu menampung beban kendaraan yang setiap hari melintas.
”Setiap hari, ada 95 truk pengangkut sampah yang lewat di tempat itu. Sementara kondisi jalan sangat tidak mendukung,” ujar Suhaimi. (NDY)

Sumber : http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/10/05083438/ruas.cinere.mulai.diperbaiki..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar